apa penyebab laptop cepat panas
apa penyebab laptop cepat panas

Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Recovery yang Benar

Salah satu masalah yang cukup mengganggu para pengguna laptop adalah overheat atau panas laptop yang melebihi batas normal. Penyebab laptop cepat panas pun dipicu oleh beberapa faktor, mulai dari laptop yang berusia tua, sistem di dalamnya dan lain sebagainya.

Kondisi laptop yang panas pastinya kurang nyaman ketika digunakan, bahkan dapat membuat laptop mati sendiri. Nah jika hal ini dibiarkan, lambat laun tentu akan merusak komponen hardware di dalamnya.

penyebab laptop cepat panas

Penyebab Laptop Cepat Panas

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penyebab laptop cepat panas dan lambat terjadi karena berbagai faktor. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasannya berikut ini:

Lamanya Waktu Penggunaan

Tak bisa dipungkiri, penggunaan laptop dalam jangka yang panjang tentu dapat memicu kenaikan suhu pada komponen didalamnya. Khususnya laptop yang digunakan untuk beban kerja yang berat, misalnya bermain games, kebutuhan desain grafis, video editor dan sejenisnya.

Baca Juga:  Nokia Notebook Akan Segera Di-launching Sesudah Memperoleh Sertifikasi India

Ventilasi Tersumbat

Setiap laptop pasti memiliki ventilasi khusus untuk proses sirkulasi udara dari dalam dan luar laptop. Selain untuk sirkulasi udara, ventilasi ini juga berfungsi untuk membuang udara panas dari kipas/fan dalam laptop.

Hal ini akan menjadi gawat bila Anda tak rutin membersihkannya, dimana akan menjadi sarang debu dan kotoran yang masuk. Akibatnya kotoran tersebut menjadi penghalang jalur udara sehingga menjadi tak sempurna. Jika sudah begini, laptop Anda yang akan terkena dampaknya.

Peletakan Laptop Ketika Digunakan

Beberapa diantara kita mungkin sembarang ketika menempatkan laptop, yang mana berdampak pada kinerjanya. Untuk itu, menempatkan laptop saat sedang digunakan menjadi faktor penyumbang udara panas di dalamnya.

Ada beberapa lokasi yang tak cocok untuk menempatkan laptop, diantaranya bantal, kasur, selimut dan sebagainya. Hal ini akan menghambat sirkulasi udara yang masuk, sehingga meningkatkan suhu pada laptop tersebut.

Selain itu, meletakkan laptop yang tidak benar juga menyebabkan menumpuknya kotoran pada komponen yang ada didalamnya. Seperti heatsink processor.

Baca Juga:  4 Cara Mengatasi Kamera Belakang Android Tidak Berfungsi

Banyak Kotoran Pada Kipas

Jika kipas pada laptop masih berfungsi namun hanya sedikit udara panas yang dikeluarkan, maka bisa jadi kipas tersebut dipenuhi kotoran/debu yang masuk. Dengan debu yang menghambat putaran pada kipas, tentunya berpengaruh pada pengeluaran udara panas yang tidak sempurna.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Laptop yang Panas?

Kondisi laptop yang panas secara tak normal memang harus diwaspadai. Untuk itu, akan kami ulas secara singkat seputar mengatasi laptop yang panas:

Gunakan Alat Pendingin Tambahan

Tak perlu bingung, sekarang ini dipasaran banyak yang menjual kipas pendingin atau cooling pad. Bahkan ada pula cooling pad yang dapat diringkat sehingga mudah dibawa kemana pun dan kapan pun.

Rajin Servis Bagian Dalam Laptop

Adanya sistem pendingin pada laptop, sangat dibutuhkan agar komponen didalamnya tak mudah panas. Untuk itu, jangan sampai kipas tersebut terhalang/tertutupi dengan debu-debu yang masuk.

Nah untuk menghalau hal ini, bersihkan secara berkala bagian pendingin pada laptop tersebut. Namun jika Anda tak tahu caranya, silahkan berkunjung pada jasa servis atau vendor dari laptop tersebut.

Baca Juga:  4 Cara Membuat No HP Sibuk Ketika Ada Panggilan Masuk

Kenali Batas Kemampuan Laptop Tersebut

Salah satu penyebab laptop yang panas adalah performa yang terus dipacu tanpa melihat batas performa di dalamnya. Entah itu terkait software, perangkat, hingga spesifikasi laptop.

Jika Anda sedikit keberatan dengan performa yang tinggi, sebaiknya Anda turunkan sedikit opsi performa pada laptop tersebut. Hal ini pastinya dapat membantu kinerja laptop agar lebih lancar, termasuk meredakan panas di dalamnya.

Nah, sekarang sudah tahu bukan penyebab laptop cepat panas dan cara mengatasinya? Sekian, semoga bermanfaat!

Check Also

4 Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP Vivo! Dijamin 100% Sukses

Ketika membahas tentang ponsel pintar sejuta umat di Indonesia, maka Vivo akan masuk ke dalam …