Ulasan Windows 10 Mobile: Harapan Baru?

Dahulu kala, di galaksi yang sangat jauh, Microsoft beralih ke perangkat seluler yang cerdas dan terhubung yang relatif tidak tertandingi. Versi awal Windows CE mendorong PC saku, jauh sebelum smartphone modern diluncurkan.

Kehidupan seluler Window telah maju dari ceruk ini dalam langkah-langkah evolusioner meskipun Windows Mobile telah dirilis, karena perangkat tersebut masih terlihat sangat mirip dengan PC kecil, sebelum perubahan besar pada Windows Phone terjadi, mengalihkan fokus ke persaingan yang lebih tegas dengan ponsel pintar.

Untuk beberapa, permainan sudah berjalan, dengan Apple iOS dan Google Android mengatur kecepatan untuk smartphone modern, meninggalkan Windows Phone berebut untuk mendapatkan daya tarik.

Windows 10 adalah kebijakan satu platform Microsoft. Ini dirancang untuk memberikan konsistensi dan keseragaman di seluruh fitur Windows, dengan perangkat Xbox, desktop, Surface, dan Lumia yang semuanya menjalankan Windows 10 dan aplikasi umum berbagi rencana besar ambisius Microsoft, tetapi hal-hal jarang semudah ini: di ponsel cerdas, mereka masih menggunakan nama Windows Telepon 10. Atau Window 10 Mobile, sehingga orang tahu apa yang Anda bicarakan.

Baca Juga:  Ulasan Android 7.1 Nougat: pembaruan lembut tapi brilian untuk OS

Ini membuat segalanya sedikit berantakan sejak awal, tetapi idenya adalah mencapai keseragaman dan sinkronisasi, apakah Anda duduk di meja Anda, atau duduk di dek kapal pesiar Anda. Terlepas dari apakah Anda menggunakan PC Windows, apa itu Windows 10 sebagai platform smartphone?

Ulasan Windows 10 Mobile: Desain

Kami melihat banyak Windows 10 di ponsel sebelum diluncurkan berkat Program Windows Insider. Ternyata, di seluruh OS Windows, Microsoft berencana untuk menghadirkan lebih banyak perangkat seluler ke desktop. Ini jelas terjadi pada Windows 8, yang menyebabkan beberapa kebingungan yang sebagian besar dihilangkan dengan Windows 10.

Jadi, di perangkat seluler, Anda akan menemukan bahwa tidak banyak yang berubah. Jalankan Windows 10 pada Lumia 950 atau 950 XL – dua peluncur untuk platform baru – dan semuanya akan terlihat familier. Halaman beranda masih mengandalkan Live Tiles, dan sangat unik jika dibandingkan dengan halaman beranda iOS yang tidak berubah. Menginstal aplikasi dan mengubah gambar latar belakang, warna, dan tema terang atau gelap masih umum di Windows 10.

Baca Juga:  Ulasan S Health: Apakah Aplikasi Kebugaran Samsung Dalam Kondisi Teratas?

Perubahan desain terbesar ada pada regulasi. Daftar aplikasi diatur lebih jelas menurut abjad, dengan bilah pencarian di bagian atas halaman untuk akses cepat. Semuanya jauh lebih mudah, jadi kami menemukan menghapus daftar aplikasi lebih cepat dari sebelumnya. Anda masih dapat mengklik huruf dan mengakses kisi alfanumerik untuk pergi ke tempat yang Anda inginkan juga.

Ada juga banyak pengaturan di menu pengaturan utama. Kami telah mengkritik ini selama beberapa tahun. Karena Microsoft menambahkan lebih banyak ke Windows Phone, dan Nokia menambahkan lebih banyak pada perangkat Lumia, itu meninggalkan Anda dengan menu pengaturan terfragmentasi yang berlebihan dan tidak terorganisir.

Windows 10 entah bagaimana menangani itu, dengan kategori utama pengaturan, seperti Sistem, Perangkat Keras, dan Personalisasi, sementara semua sub-item tersebut sebelumnya ditampilkan di tingkat atas, menghasilkan banyak dan banyak pengguliran.

Tapi ini mungkin bukan langkah utama dari pendirian yang kami inginkan: masih ada kategori “ekstra”, yang berfungsi seperti pipa pembuangan limbah umum untuk apa pun yang tidak muat di tempat lain. Anda memiliki “profil warna” yang harus dengan pengaturan tampilan, Anda memiliki “layanan jaringan” yang harus ada di bagian “jaringan dan nirkabel”. (Kami tidak sepenuhnya yakin apa ikon yang dibuang di bagian atas layar sebelah kanan di atas, tetapi kami cukup yakin itu tidak seharusnya ada di sana.)

Baca Juga:  Windows Vista - Edisi Apa yang Anda Butuhkan?

Kami menduga hal ini disebabkan kurangnya fleksibilitas platform, karena pengaturan standar yang akan berlaku untuk semua perangkat disajikan di satu tempat, dan kemudian fitur tambahan yang mungkin hanya berlaku untuk perangkat atau pabrikan tertentu disajikan di ‘Plugins’.

Satu hal yang kami perhatikan tentang desain baru dengan pembaruan Microsoft Windows 10 adalah mengubah beberapa ikon atau memperkenalkan yang baru. Secara umum, ikon tampak menyusut, kata-katanya lebih kecil, dan font lebih halus. Kami membayangkan bahwa ini adalah langkah sesuai dengan perkembangan yang meningkat, tetapi di beberapa tempat kami melihat benda-benda mengambang di lautan ruang, seolah-olah desainnya tidak lengkap. Saat berfungsi di Xbox atau desktop, itu belum tentu cocok dengan ponsel.

Ambil, misalnya, area Tindakan Cepat, seperti yang ditunjukkan di atas. Ikon yang digunakan di Windows 10 (bawah) secara default lebih kecil dari Windows Phone 8.1 (atas), kurang efektif, dan teks telah dihapus dari CAPS, sedangkan kotak tempatnya lebih besar. Rasanya seperti ruang yang terbuang dan tidak meningkatkan kejernihan visual. Adapun gangguan dari Wi-Fi dan indikator lokasi di Windows 10, ini tampaknya merupakan anomali – tidak selalu terlihat seperti itu.

Baca Juga:  3 Cara Membuat Stiker WA Bergerak Paling Mudah

Sederhananya, menurut kami Windows Phone 8 terlihat lebih baik di beberapa area. Anda dapat mengubah ukuran teks, bagaimanapun, dan ada baiknya bermain-main dengan pengaturan ini, jadi setelah teks menjadi lebih besar, semuanya terlihat lebih seimbang. Namun masalahnya tetap: Ada banyak ruang yang tampaknya tidak digunakan untuk mencapai efek terbaik, dan menurut kami motivasi di balik ini adalah untuk menciptakan identitas visual baru untuk pengalaman desktop.

Di tempat lain, telah terjadi dumping liberal dari salah satu fondasi desain Windows Phone. Saat Windows Phone 7 diluncurkan, banyak aplikasi, baik domestik maupun pihak ketiga, ingin mendorong Anda untuk menggulir halaman secara horizontal. Akan ada godaan tentang sesuatu langsung dari halaman, header mengalir di tepinya, sehingga Anda dapat menggulirnya saat Anda melihat bagian aplikasi yang berbeda.

Ini masih didukung di beberapa aplikasi, tetapi bahasa desainnya sangat berbeda, lebih bersih dan sederhana, menampilkan tab judul lengkap, alih-alih menampilkan info yang berantakan di halaman. Windows 10 jauh lebih hemat ruang dalam hal ini, meskipun sedikit bertentangan dengan poin yang baru saja kami sebutkan di atas, di mana hal-hal tidak berjalan dengan baik. Ini adalah lompatan dari Windows 7 dan 8 di mana sebagian besar pesannya adalah “Besar!” , Dan sekarang dia “kecil!” Di Windows 10.

Baca Juga:  Inilah 4 Cara Menghentikan Cadangkan WhatsApp

Windows 10 di ponsel Anda, kemudian, adalah campuran desain, kurang konsistensi iOS atau koherensi Android (sedikit kurang). Kami dapat melihat barang-barang ini mengalir ke Xbox dan PC Windows, tetapi analoginya tidak cukup berhasil: Satu ukuran cocok untuk semua adalah tujuan yang baik, tetapi itu tidak selalu membuat ponsel cerdas baru Anda menjadi yang terbaik di luar kotak.

Check Also

Cara Menghentikan Cadangkan WhatsApp

Inilah 4 Cara Menghentikan Cadangkan WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi berkirim pesan terbesar di seluruh dunia saat ini. Salah satu fitur yang …