Atasi Baterai Redmi Note 8 Cepat Habis Dengan Cara Ini

Saat ini, ponsel cerdas merk apa pun telah memiliki kapasitas baterai yang besar untuk mendukung kinerjanya. Namun, itu saja belum cukup, contohnya jika kamu mengalami baterai Redmi Note 8 cepat habis.

Bingung? Coba simak ulasan cara mengatasinya dalam artikel ini.

Pertama, perlu memahami ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab baterai smartphone boros.

Umumnya pola penggunaan yang kurang baik atau antarmuka kurang efisien, menyebabkan daya ponsel cepat habis. Terutama untuk Xiaomi, agar tidak boros coba perhatikan cara menghematnya ini agar tidak bolak-balik ngecas terus.

Mengatasi Baterai HP Xiaomi Redmi Note 8 Cepat Habis Dengan Beberapa Penghematan

Memang HP Xiaomi Redmi Note 8 didesain agar dapat mengoperasikan beberapa aplikasi yang mendukung pekerjaan. Namun, biasanya justru menyedot banyak daya pada ponsel. Jadi, hindari baterai boros dengan langkah penghematan berikut ini ya.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung yang Benar

1. Atur Kecerahan

Cara menghemat untuk menghindari baterai Redmi Note 8 cepat habis adalah dengan mengatur kecerahannya.
baterai Redmi Note 8 cepat habis 1

Tanpa disadari, ponsel yang terlalu tinggi kecerahannya akan memakan daya baterai lebih tinggi. Alhasil lebih boros, sehingga cepat habis.

Jadi, sebaiknya atur kecerahan seperlunya saja. Selain itu, hindari mengaktifkan fitur kecerahan otomatis, sebab juga dapat memakan banyak daya. Cara ini cukup efektif dalam menghemat baterai untuk beberapa tipe, termasuk Xiaomi Redmi Note 8 Pro.

2. Menonaktifkan Fitur Getar

Mungkin kamu akan bertanya, kenapa baterai Note 8 boros, meskipun sudah mengatur kecerahan? Tentu saja, masih ada beberapa penghematan lain yang perlu dilakukan untuk mengatasi baterai cepat habis ini. Salah satunya dengan mematikan fitur getar.

baterai Redmi Note 8 cepat habis 2

Saya menyarankan untuk mematikan fitur getaran saat layar disentuh, sebab dapat membantu dalam menghemat baterai. Bayangkan, jika motor kecil yang memberikan getar saat kamu menyentuh layar menyala terus, pasti memakan banyak daya.

Oleh karena fitur tersebut tidak terlalu penting, sebaiknya kamu nonaktifkan saja. Dengan begitu akan dapat membantu menghemat baterai.

Baca Juga:  Solusi Tepat Saat iPhone Mati Total Dan Tidak Bisa Di Charge

3. Hindari Menggunakan Wallpaper Bergerak

Kamu mungkin tertarik untuk mengaktifkan wallpaper bergerak karena memang tampak keren dan interaktif. Namun, saya sarankan untuk menonaktifkannya saja karena membuat baterai Redmi Note 8 Pro cepat habis.

Sebagai gantinya, gunakan saja tema bawaan dari ponsel pintar tersebut. Wallpaper tersebut statis, sehingga tidak terlalu memakan banyak daya dalam menampilkannya.

4. Aktifkan Fitur Penghemat Baterai

Smartphone zaman sekarang, termasuk Redmi Note 8, memang memiliki fitur penghemat daya yang aktif otomatis saat hanya tersisa 20% baterai. Akan tetapi, kamu dapat mengaktifkannya di pengaturan, meskipun baterai ponsel belum habis.

Berikut cara mengaktifkan fitur penghemat baterai:

  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih baterai dan performa
  • Pilih penghemat baterai

Cara ini cukup efektif untuk menghemat daya yang ada pada Redmi Note. Selain itu, juga efektif untuk mengatasi baterai Samsung Galaxy Note 8 cepat habis. Ini karena kasus pada baterai Samsung Galaxy juga kurang lebih sama.

5. Meminimalisir Waktu Layar Mati

Tidak banyak orang menyadari bahwa durasi layar mati yang terlalu panjang menjadi salah satu alasan kenapa baterai Redmi Note 8 cepat habis. Jadi, sebaiknya atur agar layar segera mati saat tidak sedang digunakan.

Baca Juga:  7 Kelebihan Samsung Galaxy A02

Namun, jangan juga mengatur durasi layar mati ini terlalu cepat. Sebab, bisa jadi justru mengganggu saat ada jeda dalam mengoperasikannya. Idealnya 30 detik hingga 1 menit adalah waktu yang cukup.

Baca Juga: 3 Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Minta Diformat dan Pencegahannya

6. Mematikan Notifikasi Aplikasi yang Tidak Perlu

Untuk dapat memberikan notifikasi, berarti ponsel selalu dalam posisi terhubung dengan aplikasi tersebut. Tentu juga memerlukan penggunaan daya pada ponsel. Kondisi ini dapat membuat aplikasi terus-menerus mengonsumsi daya smartphone

Untungnya, pada ponsel cerdas Xiaomi, ada fitur untuk mengatur notifikasi aplikasi ini. Pilih apa saja aplikasi yang tidak terlalu perlu, kemudian nonaktifkan pemberitahuannya untuk lebih menghemat baterai. Misalnya untuk aplikasi YouTube ini.

7. Menonaktifkan Google Photos

Banyak orang yang selalu menggunakan Google photos. Sayangnya, tanpa disadari, fitur tersebut juga memakan banyak daya pada ponsel cerdas Xiaomi Redmi Note 8. Penyebabnya adalah karena Google photos otomatis melakukan pencadangan.

Solusinya bisa dengan menonaktifkan saja fitur tersebut jika tidak terlalu perlu. Selain itu, kamu sebaiknya membuat pengaturan pencadangan hanya aktif saat mengisi daya saja. Cara tersebut juga bisa untuk mengatasi baterai Samsung Note 8 cepat habis.

Baca Juga:  3 Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Minta Diformat dan Pencegahannya

8. Mematikan GPS, Jaringan Seluler, dan Wifi

Cara selanjutnya dalam menghemat baterai Redmi Note 8 adalah dengan menonaktifkan fitur GPS, jaringan seluler, dan Wifi. Ketika selesai menggunakan fitur-fitur tersebut, sebaiknya kamu segera mematikannya untuk menghemat daya.

9. Menghemat Baterai Saat Sinyal Rendah

Tahukah kamu? Ponsel milikmu akan memakai daya lebih besar saat kondisi sinyal rendah. Hal ini karena smartphone tersebut berusaha untuk membuat jaringan tetap stabil, sehingga menggunakan jumlah baterai lebih banyak.

Salah satu penyebab baterai Redmi Note 8 cepat habis ini bisa diatasi dengan mengaktifkan mode pesawat. Dengan demikian, prosesor pada ponsel tidak perlu ngoyo untuk menstabilkan jaringan.

Kesimpulannya, semakin banyak aplikasi dan fitur yang aktif, maka akan memerlukan daya baterai lebih banyak.
Itulah sebabnya, baterai Redmi Note 8 cepat habis. Solusi efektif untuk mengatasinya adalah meminimalisir aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting seperti dijelaskan di atas. Selamat mencoba!

Check Also

Begini Cara Cepat Mematikan Laptop

4 Cara Cepat Mematikan Laptop yang Terbukti Aman

Mematikan laptop dengan cepat biasanya cukup berisiko. Apalagi dalam kondisi layar masih menyala. Namun, kamu …