HUT ke 41, BPKP Terus Berinovasi untuk Kemajuan Bangsa

Avatar photo

- Redaksi

Sabtu, 1 Juni 2024 - 18:35 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

Dibaca 7 kali
facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

KoranMedia.com–Dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-41 Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), ucapan syukur dan apresiasi disampaikan kepada Allah SWT dan seluruh insan BPKP atas dedikasi serta komitmen tinggi dalam mengawal pembangunan negara.

Muhammad Yusuf Ateh, Kepala BPKP, menekankan kontribusi positif yang telah dihasilkan selama periode 2020 hingga Triwulan I 2024. Total kontribusi senilai Rp310,36T terdiri dari penyelamatan keuangan negara, penghematan belanja, dan optimalisasi penerimaan negara. Lebih dari sekadar angka, rekomendasi pengawasan BPKP juga membantu menyelesaikan berbagai krisis dan masalah pembangunan, memberikan sumbangan berharga bagi kebijakan pembangunan.

IMG 20240609 WA0019

ADVERTISEMENT

nusacloudhost promo

SCROLL TO RESUME CONTENT

Terkait harapan Presiden RI terhadap peran BPKP ke depan, Ateh menekankan pentingnya konsistensi, inovasi, dan peningkatan kompetensi sebagai tanggapan atas tantangan yang semakin kompleks. Dalam hal ini, pemastian kualitas, efektivitas, budaya kerja yang sesuai, serta integritas dan niat yang lurus menjadi fokus utama.

Peringatan HUT BPKP ke-41 bukan hanya tentang memperingati pencapaian masa lalu, tetapi juga menggarisbawahi komitmen untuk terus berinovasi dan beradaptasi demi mewujudkan pengawasan yang lebih efektif dan berkelanjutan bagi kemajuan bangsa.

Baca Juga :  Gerindra NTT Usung 14 Kader Sebagai Calon Kepala Daerah dalam Pilkada 2024

Dalam upaya menjawab tantangan yang semakin kompleks, BPKP berkomitmen untuk memperbaiki ruang perbaikan yang ada di depan mata. Hal ini diwujudkan melalui beberapa langkah strategis:

Pertama, para unit kerja pengawasan di BPKP diharapkan untuk memastikan konsistensi dalam kepatuhan terhadap standar serta komitmen terhadap kualitas. Disiplin penerapan Peraturan BPKP Nomor 2 Tahun 2023 tentang Manajemen Penugasan Pengawasan menjadi hal yang sangat ditekankan.

Kedua, unit kerja enablers di BPKP perlu meningkatkan efektivitas perannya dalam memampukan organisasi menjalankan fungsi pengawasan dengan lebih efisien. Pemberdayaan sumber daya manusia dianggap krusial, dengan mengidentifikasi dan memperkuat kelemahan serta meningkatkan kompetensi baik dari segi hard maupun soft competency.

IMG 20240601 WA0005

Ketiga, pentingnya membangun dan menginternalisasikan budaya kerja yang sesuai dengan kebutuhan BPKP saat ini. Hal ini mencakup pengembangan budaya berpikir kritis, sikap mental pantang menyerah, keberanian dalam menyampaikan kebenaran, serta kepekaan terhadap kebutuhan stakeholders dan masyarakat.

Terakhir, menjaga integritas dan niat yang lurus dalam mengawal kepentingan negara dan masyarakat menjadi prinsip utama. Tanpa integritas dan niat yang jujur, segala upaya pengendalian dan kebijakan budaya pengawasan akan rentan terhadap penyimpangan.

Baca Juga :  Resmi Dafter Ke DPD Gerindra NTT, Roy Bulan : Partai Gerindra Untuk Kesejahteraan Masyrakat NTT

Dengan langkah-langkah tersebut, BPKP bertekad untuk terus meningkatkan kualitas pengawasan dan kontribusinya terhadap pembangunan negara, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal oleh masyarakat.

Dengan komitmen yang kuat terhadap perbaikan dan inovasi, BPKP yakin dapat menjawab tantangan masa depan dengan lebih baik.

Peringatan HUT BPKP ke-41 menjadi momentum penting untuk merayakan pencapaian yang telah diraih sekaligus merumuskan langkah-langkah strategis ke depan. Dalam menghadapi masa yang akan datang, BPKP siap untuk tetap menjadi garda terdepan dalam mengawal keberhasilan pembangunan negara, dengan mengutamakan kualitas, integritas, dan inovasi.

Semangat bersama dan kolaborasi antara seluruh insan BPKP menjadi kunci utama dalam mewujudkan visi dan misi organisasi. Dengan dukungan penuh dari semua pihak, BPKP yakin mampu menjaga kepercayaan stakeholders serta menjalankan tugasnya secara efektif dan efisien.

Selamat ulang tahun ke-41, BPKP! Semoga semakin kokoh dan berjaya dalam menjalankan peran strategisnya dalam memastikan pembangunan yang berkelanjutan dan berkualitas bagi bangsa dan negara.

Berita Terkait

Gerindra NTT Usung 14 Kader Sebagai Calon Kepala Daerah dalam Pilkada 2024
Resmi Dafter Ke DPD Gerindra NTT, Roy Bulan : Partai Gerindra Untuk Kesejahteraan Masyrakat NTT
Waspada! BMKG Ingatkan Banjir Ancam Wilayah di NTT
BPJS Ketenagakerjaan NTT Gelar Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim
Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami Subscribe

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Berita Terkait

Senin, 17 Juni 2024 - 22:27 WITA

Golkar Academy NTT Dorong Kaum Muda dan Perempuan Menangkan Pilkada dengan Pendidikan Politik Berkualitas

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:41 WITA

SBS Terima Rekomendasi Partai Perindo Dan Siap Bertarung Di Pilkada Malaka 2024

Selasa, 11 Juni 2024 - 23:19 WITA

Frans Aba Terima Sinyal Positif dari PAN, Siap Bertarung di Pilgub NTT 2024

Senin, 10 Juni 2024 - 17:38 WITA

Pilkada Memanas, Nama Bacabup Kabupaten Malaka Dan Bacagub NTT Mulai Bermunculan. Berikut Tahapan Pendaftarannya !!!

Senin, 10 Juni 2024 - 15:03 WITA

Ketua Laskar SBS Kabupaten Malaka Komitmen Menangkan SBS Pada Pilkada Malaka Demi Kesejahteraan Petani, Kesehatan Dan Anak muda

Senin, 10 Juni 2024 - 08:22 WITA

Emanuel Bria, Pemangku Rumah Adat “Uma Kakaluk Ikumuan Umaneke” Siap Mendukung SBS Di Pilkada Malaka 2024

Rabu, 29 Mei 2024 - 21:58 WITA

2 Harapan, Petrus Gero Kepada Penjabat Bupati Lembata

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:41 WITA

Bacalon RB-BDN Mengikuti Fit and propert Test Partai Demokrat

Berita Terbaru